Mandalamekar, Tasikmalaya, Jawa Barat, 2 - 5 Juni 2012



Site Map: Home > Catatan > Sungging: “Masyarakat Desa Harus Produktif!”
3 June 2012 09:07 WIB

Sungging (kedua dari kiri) ketika menjadi pembicara talkshow pada pembukaan JadulFest 2012 (Foto: Yudha PS)

Kesejahteraan masyarakat desa harus menjadi ukuran dalam Gerakan Desa Membangun (GDM). Untuk itu, anggota masyarakat desa harus meningkatkan aspek produksinya, bukan konsumsinya.

Demikian disampaikan Sungging, dalam Talkshow Perkenalan Festival Jawa Kidul pada Sabtu (03/06/2012). Lebih lanjut, Sungging menyayangkan bahwa kekayaan hutan belum dimanfaatkan secara maksimal oleh desa untuk mensejahterakan warganya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kebanyakan desa yang memiliki hutan termasuk dalam kategori miskin.

Bagaimana pun, pria asal Banyumas, Jawa Tengah ini, menilai bahwa pada prinsipnya desa memiliki semangat dan kepercayaan diri untuk mengolah sumber daya yang dimilikinya. “Tidak hanya hutan, manusianya pun harus menumbuhkan semangat membangun desa,” ungkapnya.

Untuk itu, Jalu, begitu Sungging akrab disapa, memiliki impian untuk mewujudkan potensi desa agar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Bagaimana pun, potensi yang ada saat ini masih bisa ditingkatkan.

Sungging mencontohkan dengan masyarakat yang sudah mampu hidup dengan kayu. “Kalau bisa, (dengan mengolah kayu) mampu mengkuliahkan anak juga,” tandasnya.

Lebih lanjut, Sngging berharap Gerakan Desa Membangun, desa-desa yang memiliki hutan dapat bertukar informasi dan pengetahuan. Sehingga bisa memaksimalkan potensi hutan desa.*** (Zaimul Umam)

Baca Juga :

  • » Lestarikan Tradisi, Warga Mandalamekar Tutup Rangkaian JadulFest dengan Pengajian
  • » Kembangkan Ekonomi Kolektif, SPP Tingkatkan Kesejahteraan Petani
  • » Kumpulan Materi Hari Kedua Jadulfest 2012
  • » Kedaulatan Desa Perlu Dipulihkan Segera
  • » Keterbukaan Publik Adalah Budaya Indonesia

  • Komentar Melalui Facebook :

    Nama* Comment
    E-mail*
    Website