Mandalamekar, Tasikmalaya, Jawa Barat, 2 - 5 Juni 2012



Site Map: Home > Catatan > Kontribusi Makanan Mulai Berdatangan
2 June 2012 16:26 WIB

Salah seorang staf dapur umum tengah memilah-milah bahan makanan kontribusi warga. (Foto: Yudha PS)

Kontribusi bahan makanan dari warga Mandalamekar untuk Festival Jawa Kidul (JadulFest) 2012 mulai berdatangan. Umumnya, warga memberikan secara sukarela bahan makanan yang diambil dari kebunnya masing-masing, seperti daun singkong, nangka muda, pakis, selada, sawi, dan bakal buah pisang.

Pantauan redaksi pada Jumat (01/06/2012) sore, warga mengantarkan bahan makanan langsung ke dapur umum. Bahan makanan yang terkumpul pun bisa mencapai 1 kuintal.

Contohnya saja untuk bakal buah pisang. Bahan makanan berjuluk Jantung Pisang ini terkumpul dari beberapa orang dan beratnya mencapai lebih dari 1 kuintal.

Dengan berdatangannya bahan makanan ini, panitia bisa mengurangi pembelian bahan makanan ke kota. Sehingga bisa menekan biaya konsumsi. Selain itu, peserta yang hadir pun bisa merasakan kekayaan dan keragaman potensi Mandalamekar.

Susi (40), staf dapur umum, menyebutkan bahwa bahan makanan ini akan dikelola untuk keperluan konsumsi kegiatan JadulFest 2012. Setiap waktu makan, mereka akan menyediakan sekitar 400 porsi makanan berat. Tugas ini, akan diserahkan kepada staf dapur umum yang beranggotakan sekitar 30 orang wanita Mandalamekar. Mereka terbagi menjadi 3 kelompok, yang masing-masing beranggotakan 8 – 12 orang.*** (Yudha P Sunandar)

Baca Juga :

  • » Lestarikan Tradisi, Warga Mandalamekar Tutup Rangkaian JadulFest dengan Pengajian
  • » Kembangkan Ekonomi Kolektif, SPP Tingkatkan Kesejahteraan Petani
  • » Kumpulan Materi Hari Kedua Jadulfest 2012
  • » Kedaulatan Desa Perlu Dipulihkan Segera
  • » Keterbukaan Publik Adalah Budaya Indonesia

  • Komentar Melalui Facebook :

    Nama* Comment
    E-mail*
    Website