Mandalamekar, Tasikmalaya, Jawa Barat, 2 - 5 Juni 2012



Site Map: Home > Catatan > Kodirin: “Saatnya Masyarakat Desa Menjadi Subyek”
4 June 2012 02:39 WIB

Kodorin (kiri) ketika menjadi pembicara talkshow pembuka JadulFest 2012 (Foto: Yudha PS)

Berbeda dengan paradigma membangun desa, Gerakan Desa Membangun (GDM) menjadikan masyarakat sebagai subyek, bukan objek. Dalam hal ini, masyarakatlah sebagai penggerak untuk membangun desa. Sehingga pembangunan yang digelar di desa berjalan dengan partisipatif.

Demikian disampaikan Kodirin dalam Talkhshow Perkenalan Festival Jawa Kidul 2012 pada Sabtu (03/06/2012).  Lebih lanjut, Kodirin mencontohkan aktivitas pembangunan di desanya. Desa Karangnangka memiliki sumber daya air yang melimpah. Untuk itu, ia mengajak warganya untuk bersama-sama menjalankan usaha budidaya benih ikan.

“Setelah kami melibatkan warga dalam pembangunan desa, kini Desa Karangnangka berkembang menjadi sentra benih (ikan) di wilayah Kecamatan Kedungbanteng,” simpul Kodirin.

Kodirin, yang juga kepala Desa Karangnangka, mengajak kepada seluruh anggota GDM untuk lebih mengenali potensi dan mengembangkannya bersama warga. “Pengembangan sumber daya desa harus dilaksanakan dengan maksimal, sehingga gerakan ini tidak sekedar hangat-hangat tahi ayam,” paparnya singkat.*** (Zaimul Umam)

Baca Juga :

  • » Lestarikan Tradisi, Warga Mandalamekar Tutup Rangkaian JadulFest dengan Pengajian
  • » Kembangkan Ekonomi Kolektif, SPP Tingkatkan Kesejahteraan Petani
  • » Kumpulan Materi Hari Kedua Jadulfest 2012
  • » Kedaulatan Desa Perlu Dipulihkan Segera
  • » Keterbukaan Publik Adalah Budaya Indonesia

  • Komentar Melalui Facebook :

    Nama* Comment
    E-mail*
    Website