Mandalamekar, Tasikmalaya, Jawa Barat, 2 - 5 Juni 2012



Site Map: Home > Catatan > JadulFest Terwujud Karena Dukungan Warga Desa
3 June 2012 16:14 WIB

Irman Meilandi (kedua dari kanan) ketika menjadi pembicara talkshow terkait JadulFest2012. (Foto: Yudha PS)

Terselenggaranya Festival Jawa Kidul (JadulFest) 2012 merupakan wujud dari dukungan warga 3 desa, yaitu: Mandalamekar, Mandalahurip, dan Kertarahayu. “Dukungan dari pihak lainnya kecil dibandingkan dukungan warga 3 desa ini,” sahut Irman Meilandi, Ketua Pelaksana JadulFest2012.

Hal ini disampaikannya dalam acara Ramah Tamah dan Malam Kesenian Rakyat di Panggung Utama pada Sabtu (02/06/2012) malam. Lebih lanjut, Irman menyampaikan banyak terima kasih terhadap berbagai pihak yang telah membantu terwujudnya acara ini.

Selain pihak warga Mandalamekar dan pihak lainnya, Irman juga mengapresiasi dukungan dari warga di luar Mandalamekar. Misalnya saja dengan Alan Koswara, dari Wanaraja Garut. Dengan sukarela dirinya membuatkan kursi untuk tempat duduk pembicara talkshow, hanya dalam waktu 2 hari.

Dukungan lainnya hadir dari radio komunitas One FM di desa tetangga yang meminjamkan perangkat radio tambahan dan sound system. Dukungan yang menurut Irman patut diapresiasi adalah sokongan Dadi, warga Mandalamekar yang tinggal di Tanggerang, untuk meminjamkan seperangkat sound system. Hebatnya lagi, Dadi membawanya menggunakan truk miliknya dari Tanggerang. Tidak hanya itu saja. Dia pun membawa sekelompok musisi dangdut guna menghibur hadirin.

Menurut Irman, semangat warga lah yang mampu menggerakan untuk hadir dan membantu mewujudkan JadulFest2012. “Membangun negara itu butuh 1.500 Triliun (Rupiah). Namun, membangun desa, dari nol Rupiah pun bisa. Karena warga punya semangat,” tandas Irman.

Dalam acara ini, selain diisi oleh talkshow, hadirin juga disajikan kesenian sunda dan dangdut yang merupakan hasil kolaborasi warga. Mereka mempertunjukkan seni budaya yang dimiliki oleh desanya.*** (Yudha P Sunandar)

Baca Juga :

  • » Lestarikan Tradisi, Warga Mandalamekar Tutup Rangkaian JadulFest dengan Pengajian
  • » Kembangkan Ekonomi Kolektif, SPP Tingkatkan Kesejahteraan Petani
  • » Kumpulan Materi Hari Kedua Jadulfest 2012
  • » Kedaulatan Desa Perlu Dipulihkan Segera
  • » Keterbukaan Publik Adalah Budaya Indonesia

  • Komentar Melalui Facebook :

    Nama* Comment
    E-mail*
    Website