Mandalamekar, Tasikmalaya, Jawa Barat, 2 - 5 Juni 2012



Site Map: Home > materi > Kritis Menonton TV
18 April 2012 13:05 WIB

Hari : Minggu, 3 Juni 2012

Waktu : 10.00 -12.00

Pembicara: Darmanto (MPM Jogja)

Kekuatan stasiun televisi selaku penyedia konten informasi seperti tak terkalahkan. Penerapan aturan model televisi berjaringan untuk memperbanyak konten lokal masih terhambat hingga saat ini. Di lain sisi, konten televisi tidak semuanya sehat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat penonton. Kekerasan, fiksi dan informasi yang tidak tepat menjadi salah satu sajian yang suguhkan secara terus menerus kepada pemirsa TV.

Kritis menonton televisi adalah salah satu bagian penting dalam perbaikan tata kelola informasi. Melalui pendekatan ini, warga didorong untuk menjadi penonton yang kritis: memilih tayangan, memahami efek tayangan, dan bersikap kritis terhadap tayangan yang melanggar hak atau dinilai tidak sesuai untuk dipertotontokan melalui televisi, seperti kekerasan.

Kelas ini bertujuan untuk mendorong adanya forum-forum kritis terhadap keberadaan tayangan televisi yang diinisiasi oleh desa dan dilakukan pada tingkat perdesaan. Penerapan “kritis media” ini diharapkan mampu mengurangi implikasi buruk tv terhadap penonton. Tak kalah penting, melaluipendekatan ini warga diharapkan mampu turut serta melakukan pengawasan terhadap konten tayangan televisi baik melalui jalur formal yang tersedia, maupun dengan membuat kebijakan di tingkat keluarga.

Baca Juga :

  • » Kumpulan Materi Hari Kedua Jadulfest 2012
  • » HA Kholik Arif: Dieng dalam Tafsir Poros Nusantara
  • » Tata kelola penanggulangan resiko bencana dari level desa
  • » Kelas Pararel II: Mengelola Anggaran Desa
  • » Kelas Pararel II: Mengelola Pasar Kampung

  • Komentar Melalui Facebook :

    Nama* Comment
    E-mail*
    Website