Mandalamekar, Tasikmalaya, Jawa Barat, 2 - 5 Juni 2012



Site Map: Home > materi > Blogger Ndeso: Kelola Informasi Sendiri dari Desa
18 April 2012 13:01 WIB

Hari : Minggu, 3 Juni 2012

Waktu : 10.00 -12.00

Pembicara: Antok Suryaden  (Presiden Blogger Nusantara)

Blog, ngeblog atau blogger menjadi kosakata yang banyak digunakan oleh pengguna internet. Istilah ini menjadi sangat teknis terkadang merujuk pada penggunaan satu platform blog gratis saja. Padahal, konsep utama ngeblog adalah “berdaya mengelola informasi” melalui internet.

Ketersediaan internet –dengan pelbagai keterbatasan cakupan aksesnya– memberikan peluang kepada desa untuk turut serta berdaya mengelola informasi tentang desa. Pengelolaan informasi tentang desa melalui penggunaan internet tidak hanya dapat mempermudah proses pembangunan atau inisiasi keterbukaan informasi publik, tetapi juga mendorong teraksesnya informasi yang beragam dari desa. Konten lokal, dengan teknologi ini menjadi teramati dan terakses oleh pihak lain di luar desa.

Pengguaan blog juga diharapkan mampu memberikan kontribusi langsung terhadap pembangunan perdesaan, seperti sosialisasi ekonomi desa, penyebarluasan informasi kawasan dan potensi. Workshop ini akan mengajarkan tentang konsep “blog” sebagai saluran informasi bagi wilayah perdesaan untuk dapat muncul di tengah arus informasi media arus utama. Pengayaan konten lokal menjadi salah satu target lain dari lokakarya ini.

Baca Juga :

  • » Kumpulan Materi Hari Kedua Jadulfest 2012
  • » HA Kholik Arif: Dieng dalam Tafsir Poros Nusantara
  • » Tata kelola penanggulangan resiko bencana dari level desa
  • » Kelas Pararel II: Mengelola Anggaran Desa
  • » Kelas Pararel II: Mengelola Pasar Kampung

  • Komentar Melalui Facebook :

    Nama* Comment
    E-mail*
    Website